Tuesday, November 6, 2012

Jerawat Saat Hamil

Sudah dua kali selama delapan bulan ini jerawat tumbuh di wajahku. Gak tanggung-tanggung ukurannya hampir setengah senti. Rasanya gatal dan kepingin garuk aja. Gemes deh setiap kali melihat ke cermin.

Tapi urusan jerawat ini memang menguji kesabaran kaum perempuan ya. Apalagi saat hamil, jerawat bisa tumbuh karena pengaruh meningkatnya hormon. Mengutip dari sehat-enak.blogspot.com, perubahan hormon di tingkat progesteron adalah salah satu faktor yang berhubungan dengan jerawat selama kehamilan. Progesteron dapat meningkatkan sekresi kulit, menyebabkan kelenjar minyak memproduksi untuk mengaktifkan. Minyak yang dihasilkan dapat menyediakan media pertumbuhan yang sempurna untuk bakteri yang menyebabkan masalah kulit, termasuk jerawat.

Gimana sih cara mengatasainya? Seperti yang banyak dikatakan dokter, konsumsi obat-obatan tertentu sangat tidak disarankan selama kita hamil, karena bisa saja bahan kimia di dalam obat memberi pengaruh yang tak kita ketahui pada janin. Nah, berikut tips aman mengatasi jerawat yang dikutip dari bayidanibu.blogspot.com:

1. Minum air mineral delapan gelas sehari
2. Tambahkan asupan buah-buahan pada menu makan
3. Usap keringat dengan tisu, dan jangan biarkan tinggal lama-lama di wajah
4. Lakukan perawatan dengan masker jeruk atau mentimun yang alami dan tidak berbahaya bagi kandungan


Sepertinya tips di atas sangat mudah untuk dipraktikkan. Yuk kita coba!

No comments:

Post a Comment